Jumat, 31 Mei 2013

PENYEBAB DAN PENCEGAHAN PENYAKIT MAAG

Maag adalah kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan perasaan terbakar di ulu hati. Ini sering kali terjadi akibat makan makanan berlemak atau akibat terlalu banyak minum alkohol.
Keadaan ini menyebabkan lambung menghasilkan tambahan asam, yang menimbulkan rasa tidak enak (rasa penuh, sebah) pada bagian lambung atau bagian tengah dada. Sebagian orang mengacaukan perasaan terbakar di ulu hati ini sebagai gangguan jantung
Kelebihan asam lambung yang berlarut-larut atau berulang-ulang merupakan tanda peringatan untuk borok lambung atau usus. Borok lambung atau usus sendiri merupakan luka menahun pada lambung atau usus halus.
Penyakit ini dapat diketahui dengan adanya rasa nyeri yang menahun dang kadang-kadang menusuk pada ulu hati. Sering kali rasa nyeri berkurang setelah penderita makan atau minum susu. Namun jika penderita terlambat makan 2 atau 3 jam, makan makanan berlemak dan pedas, atau meminum alkohol, serangan nyeri akan menghebat.
  •  Penyebab sakit maag:
Pola makan yang tidak teratur Gaya hidup yang tidak sehat, stres, dan jam tidur yang tidak baik Merokok, meminum kopi dalam takaran yang besar dan berulang-ulang. Meminum minuman beralkohol
  •  Pencegahan dan Pengobatan
Makan makanan yang menyembuhkan dan jangan mengonsumsi makanan yang mengganggu borok tersebut.
1. Makanan yang menyembuhkan borok
* Minum dua gelas air sebelum dan sesudah makan. Minumlah yang banyak sepanjang hari.
* Keju, kelapa susu (rum), havermout, pisang
2. Makanan yang tidak berbahaya
* Telor rebus, biskuit, kentang rebus, ketela, mie instan, pisang yang sudah masak
3. Makanan yang membuat borok semakin parah
* Minuman keras, kopi, rokok, cabai dan merica, makanan berlemak, minuman bersoda.
Perhatian
 

sekian infomya.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentar anda