Minggu, 02 Juni 2013

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net


Form  Design

Listing program
Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Gol.Items.Add("IIIA")
        Gol.Items.Add("IIIB")
        Gol.Items.Add("IIIC")
    End Sub

    Private Sub Gol_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Gol.SelectedIndexChanged
        Select Case Gol.Text
            Case "IIIA" : Gaji.Text = 1500000
            Case "IIIB" : Gaji.Text = 2500000
            Case "IIIC" : Gaji.Text = 3500000
        End Select
        Pajak.Text = 0.15 * Gaji.Text
    End Sub

    Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
        Gajiber.Text = Val(Gaji.Text) - Val(Pinjaman.Text) - Val(Gajiber.Text)
    End Sub

    Private Sub BtnKeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnKeluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub BtnHapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)

    End Sub
End Class

Hasil :










 2.

Public Class Form1
    Sub BuatTabel()
        LV.Columns.Add("Pelanngan", 50, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Tipe pelanggan", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Biaya beban", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Harga per KWH", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Meter bulan ini", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Meter bulan lalu", 90, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Jumlah pemkaian", 50, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Tagihan", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Pajak", 50, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Total tagihan", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Pembayaran", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.View = View.Details
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub IsiTabel()
        Dim Lst As New ListViewItem
        Lst.Text = Pelanggan.Text
        Lst.SubItems.Add(Tipepel.Text)
        Lst.SubItems.Add(Biaya.Text)
        Lst.SubItems.Add(Harga.Text)
        Lst.SubItems.Add(Meterbulanini.Text)
        Lst.SubItems.Add(Meterbulanlalu.Text)
        Lst.SubItems.Add(Jumlah.Text)
        Lst.SubItems.Add(Tagihan.Text)
        Lst.SubItems.Add(Pajak.Text)
        Lst.SubItems.Add(Total.Text)
        Lst.SubItems.Add(Pembayaran.Text)
        LV.Items.Add(Lst)
    End Sub
    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        BuatTabel()
        Pelanggan.Items.Add("MEDAN")
        Pelanggan.Items.Add("BELAWAN")
        Pelanggan.Items.Add("AKSARA")
        Pelanggan.Items.Add("MRENDAL")
        Pelanggan.Items.Add("BINJAI")
        Pelanggan.Items.Add("LUBUK PAKAM")
        Tipepel.Items.Add("TOKO")
        Tipepel.Items.Add("RUMAH")
        Tipepel.Items.Add("SWALAYAN")
        Tipepel.Items.Add("PABRIK")
    End Sub

    Private Sub PAB_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Tipepel.SelectedIndexChanged
        Select Case Tipepel.Text
            Case "TOKO" : Biaya.Text = 150000
            Case "RUMAH" : Biaya.Text = 50000
            Case "SWALAYAN" : Biaya.Text = 400000
            Case "PABRIK" : Biaya.Text = 1000000
        End Select
        Select Case Tipepel.Text
            Case "TOKO" : Harga.Text = 500
            Case "RUMAH" : Harga.Text = 200
            Case "SWALAYAN" : Harga.Text = 1500
            Case "PABRIK" : Harga.Text = 10000
        End Select
    End Sub

    Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
        Total.Text = Val(Biaya.Text) + Val(Harga.Text) * Val(Jumlah.Text)
    End Sub

    Private Sub BtnSimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnSimpan.Click
        IsiTabel()
    End Sub

    Private Sub BtnHapussemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnHapussemua.Click
        LV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub BtnHapusdata_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnHapusdata.Click
        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub BtnKeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnKeluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub Jumlah_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Jumlah.TextChanged
        Jumlah.Text = Meterbulanini.Text - Meterbulanlalu.Text
    End Sub
End Class



nama : rasmi ganda rotua Tambunan
Npm : 1111135
Selamat Pemrograman VB NET 
mesran.net

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentar anda