Jumat, 31 Mei 2013

logika-logika yang sering digunakan pada program

LOGIKA PROGRAM

1.  Import java.io.*
digunakan untuk melakukan penginputan data. Artinya program ini akan menggunakan java.io package mengandung kelas-kelas yang memungkinkan program untuk  menginput data. Dalam hali ini dengan menggunakan fungsi InputStreamReader dan Buffered Reader.

2.  Class percabangan
menampilkan dan menunjukan class baru dengan nama “percabangan”.

3.  public static void main(String[] args)throws IOException
Dalam perintah ini maksudnya kita akan melemparkan method agar suatu kondisi dapat terdefinisi dengan benar.

4.  Tanda {
Tanda ini digunakan sebagai permulaan atau awal dari sebuah pemograman.

5.  Class percabangan
Perintah ini digunakan untuk memasukkan nilai/nama class dalam hal ini percabangan yang dimana nama file dan class dalam program tersebut haruslah sama agar tidak terjadi syntax error dalam program yang kita buat.

6. BufferedReader input=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); Perintah diatas digunakan untuk meminta input dari user agar dapat kita gunakan Bufferedreader seperti diatas dengan menggunakan method readline.Nilai yang dikembalikan adalah berupa String yang dimana Method readLine akan dipanggil untuk mendapatkan inputan dari user dan memberikan nilai kembalian dalam bentuk String dan masuk menjadi nilai variabel x.                                                                                
7.  System.out.print(“masukkan nilai anda:”)                                                                                Perintah ini digunakan sebagai pencetak,tentu saja anda harus menstring dulu kata2nya dengan tanda “ agar nanti bisa dikeluarkan dalam outputnya. berfungsi untuk mencetak tulisan masukan nilai anda : . Semua kata yang terdapat didalam kurung dan diapit tanda (“) akan tercetak seperti yang tertulis didalam kurung.

8.  int a=Integer.parseInt(input.readLine())
berfungsi untuk mendapatkan inputan dari user dan mendapatkan nilai kembalian yang akan disimpan sebagai nilai dari variabel “a” dan dikonversi ke tipe data integer.

9.  System.out.println()
berfungsi untuk mencetak tulisan () . Semua kata yang terdapat didalam kurung dan diapit tanda (“) akan tercetak seperti yang tertulis didalam kurung.

8.  if ((a>=0)&&(a<40)){
            System.out.println("grade\t\t:Eketerangan\t:tidak lulus")
statement ini merupakan terusan dari perintah jika a lebih besar atau samadengan 0 dan a kurang dari 40 maka akan tercetak grade:           E                     keterangan    : tidak lulus.
                                      
 9. else if ((a>=0)&&(a<50))
 Maksud dari perintah ini adalah supaya kita bisa menentukan diantara 2 statement yang tersedia,akan langsung dieksekusi jika statement 1 langsung benar,dalam hal ini statement 1 adalah (a>-=0) dan akan dieksekusi lagi jika statement 1 salah dan akan diperiksa apakah statement 2 benar,dalam hal ini statement 2 adalah (a<50).

10. System.out.println("grade\t\t:D\nketerangan\t:perbaikan")
statement ini merupakan terusan dari perintah jika a lebih besar atau samadengan 0 dan a kurang dari 50 maka akan tercetak  grade:          D                     keterangan     : perbaikan.

11. else if ((a>=0)&&(a<70))
Maksud dari perintah ini adalah merupakan perintah lain jika nilai yang diberikan tidak memenuhi pada statement sebelumnya. Maka digunakan perintah ini untuk meneruskan operasi ke statement selanjutnya. Dalam hal ini jika a lebih besar atau samadengan 0 dan a lebih kecil dari 70, maka akan diteruskan ke perintah yang ditentukan selanjutnya.

12. System.out.println("grade\t\t:C\nketerangan\t:lulus bersyarat")
statement ini merupakan terusan dari perintah jika a memenuhi perintah diatas maka akan tercetak  grade:           C                         keterangan     : lulus bersyarat.

13. else if ((a>=0)&&(a<85))
Perintah ini merupakan perintah lain jika nilai yang diberikan tidak memenuhi pada statement sebelumnya. Maka digunakan perintah ini untuk meneruskan operasi ke statement selanjutnya. Dalam hal ini jika a lebih besar atau samadengan 0 dan a lebih kecil dari 85, maka akan diteruskan ke perintah yang ditentukan selanjutnya.

14. . System.out.println("grade\t\t:B\nketerangan\t:lulus");
 statement ini merupakan terusan dari perintah jika a memenuhi perintah diatas maka akan tercetak  grade:          B                        keterangan     : lulus.

15. else if ((a>=0)&&(a<100))
Perintah ini merupakan perintah lain jika nilai yang diberikan tidak memenuhi pada statement sebelumnya. Maka digunakan perintah ini untuk meneruskan operasi ke statement selanjutnya. Dalam hal ini jika a lebih besar atau samadengan 0 dan a lebih kecil dari 100, maka akan diteruskan ke perintah yang ditentukan selanjutnya

16. System.out.println("grade\t\t:A\nketerangan\t:Execellent");                                     Dalam perintah ini jika anda mendapatkan grade A,maka anda akan mendapatkan keterangan Excellent dalam nilai anda. statement ini merupakan terusan dari perintah jika a memenuhi perintah diatas maka akan tercetak  grade:         B                     keterangan     : lulus.

17. else
Perintah ini menunnjukan jika pada statement-statement diatas tidak ada satupun nilai yang memenuhi, maka digunakan perintah ini untuk kemudian diteruskan ke perintah selanjutnya yang diinginkan.

18. System.out.println("input salah, masukan nilai dari 0-100!");                                                               
  Dalam perintah ini,maksudnya kita bisa memasukkan nilai dari 0-100 yang nanti akan keluar hasilnya sesuai dengan grade2 yang telah disetting dalam listing diatas. statement ini merupakan terusan dari perintah jika nilai a yang diberikan tidak memenuhi terhadap statement-statement diatas maka akan tercetak:  input salah, masukan nilai dari 0-100!
19.Tanda }                                                                                                                            
Tanda ini digunakan sebagai akhir dari sebuah pemograman,jika menggunakan tanda ini programpun ditutup atau dinyatakan selesai dibuat.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentar anda